5 Cara Paling Mudah Menanam Tomat Dalam Pot

5 Cara Paling Mudah Menanam Tomat Dalam Pot - Menanam Tomat sekarang menjadi lebih mudah, kenapa? karena Anda tidak perlu susah-susah lagi mencari lahan yang luas atau punya kebun, dengan hanya menyediakan media tanam pot ataupun polybag maka Anda sudah bisa menanam tomat di sekitar rumah Anda. Tanaman tomat merupakan jenis tanaman buah yang sangat di gemari bagi masyarakat Indonesia, karena buah ini bisa dijadikan sebagai pelengkap masakan menjadi lebih nikmat.

Buah tomat ini memiliki banyak jenisnya seperti tomat sayur, tomat cherry, tomat buah dan tomat gondol atau jenis ini yang sering dijadikan sebagai bahan saus. Meskipun tomat sangat mudah sekali untuk kita jumpai di pasaran atau di warung-warung, namun tidak ada salahnya jika Anda mau Menanam Tomat Dalam Pot atau polybag di sekitar rumah Anda.

Cara Paling Mudah Menanam Tomat Dalam Pot


Menanam buah tomat ini cukup mudah sekali dan tidak perlu menunggu lama untuk dapat  dipanen, karena tanaman buah tomat ini hanya membutuhkan sekitar waktu 3 bulan saja sudah bisa dipanen dengan rutin. Baiklah berikut ini penjelasan untuk cara menanam tomat.

1. Memilih Jenis Tomat

Langkah awal sebaiknya Anda terlebih dahulu memilih jenis tomat yang akan ditanam nantinya, karena tidak semua jenis tomat yang cocok pada wilayah yang akan Anda tanam. Lalu jenis tomat yang seperti apa yang cocok ? baiklah berikut ini jenis tomat atau varietas nya yaitu : varietas berlian, kada dan mutiara ini cocok pada wilayah dataran tinggi, sedangkan varietas ratna, intan yaitu cocok untuk di tanam pada dataran rendah.

Namun Anda tak perlu khawatir karena ada jenis atau varietas yang sangat cocok pada dataran tinggi maupun dataran rendah, Anda sebaiknya menggunakan varietas yang ini yaitu : tomat gh2 dan gh4.

2. Memilih Benih Unggul


Supaya mendapatkan hasil yang maksimal nantinya Anda sangat perlu sekali memilih benih yang unggul, dan jangan sampai Anda memilih benih asal-asalan karena akan membuat Anda sia-sia dalam menanambuah tomat dalam pot nantinya. Anda sebaiknya berkonsultasi dahulu kepada kepercayaan toko Anda dalam mengetahui jenis dan varietas yang cocok pada wilayah Anda yang cocok untuk di tanam di pot maupun polybag.

Jika Anda tak mau keluar biaya untuk membeli benih tomat, Anda pun bisa melakukan pembenihan sendiri, simak langkah-langkah berikut ini:pilihlah pada buah tomat yang unggul untuk dijadikan sebagai benih nantinya. biarkan saja buah tomat tadi sampai menua.kemudian setelah tua, Anda bisa mengambil biji tomat tersebut.selanjutnya seleksi biji-biji tersebut, ambil lah biji yang kelihatan super dari teksturnya, tanpa ada cacat dan kekurangan.lalu keringkan biji yang sudah terpilih tadi dari panasnya matahari.setelah kering Anda baru bisa pindahkan biji tersebut ke dalam wadah yang steril.

3. Menyemai Benih Tomat

Sebelum tahap penanaman tomat sebaiknya benih-benih yang sudah dipiliih dan dikeringkan tadi untuk disemai terlebih dahulu. Sehingga benih-benih tersebut menjadi siap bibit tanam.
Kenapa benih tomat tersebut perlu dilakukan penyemainan, supaya nantinya benih-benih tersebut agar tumbuh semaksimal mungkin, dan jangan lupa dalam melakukan penyemaian benih tomat harus hati-hati dan perlu diperlakukan perawatan yang rutin.

Cara Paling Mudah Menanam Tomat Dalam Pot


4. Menyiapkan Pot atau Polybag

Perlu Anda ketahui bahwa untuk menanam tomat di pot atau polybag bahwa setiap satu benih tomat hanya perlu membutuhkan satu wadah pot saja. Anda bisa siapkan sebuah pot atau polybag yang berukuran sekitar 35 cm.

Setelah media tanam tersebut sudah siap maka Anda bisa mengisi dahulu pot atau polybag tersebut dengan tanah yang subur atau daun pisang, kemudian Anda langsung bisa benamkan benih tomat tersebut dengan pelan-pelan cukup sedalam sekitar 1cm saja. Selanjutnya Anda bisa menyiram dengan air secukupnya saja.

5. Perawatan dan Juga Pemeliharaan

Dalam melakukan perawatan dan juga pemeliharaan tanaman tomat bisa dibilang cukup mudah, karena sudah banyak sekali yang melakukan hal ini khususnya menanam tomat dalam media pot karena terjamin dari penyakit-penyakit atau hama tanaman. Sebaiknya Anda juga perlu melakukan perawatan dengan melakukan penyiraman sehari 2 kali bisa dilakukan pada waktu sore dan pagi hari.
Itulah penjelasan dari belajar menanam mengenai menanam tomat dengan mudah melalui media tanam pot atau polybag. Semoga dapat menjadi referensi informasi yang bermanfaat untuk anda dalam Menanam Tomat Dalam Pot.
Load comments

0 Comments