Cara Membuat Pupuk Organik Dari Kotoran Sapi Dengan EM4

Cara Membuat Pupuk Organik Dari Kotoran Sapi Dengan EM4 - pupuk merupakan kebutuhan pokok bagi petani yang sedang melaksanakan budidaya tanaman. Hal itu karena tanaman yang dibudidayakan memerlukan pupuk agar dapat menghasilkan panen yang berkualitas. Saat ini di masyarakat kebutuhan pupuk dipenuhi dari pupuk kimia dan pupuk organik. Pupuk kimia merupakan pupuk yang dibuat oleh pabrik, sdangkan pupuk organik merupakan pupuk yang dibuat dari bahan bahan organik seperti seresah daun, kotoran ternak, sampah kota dll. Setiap bahan organik akan mempengaruhi kualitas pupuk organik yang dihasilkan.

Cara Membuat Pupuk Organik Dari Kotoran Sapi Dengan EM4


Salah satu pupuk organik yang sangat baik untuk tanaman adalah pupuk organik yang dibuat dari bahan kotoran sapi. Untukmempercepat proses pembusukan biasanya ditambahkan cairan EM4. EM4 adalah cairan yang isinya campuran dari beberapa mikroorganisme hidup yang dapat bermanfaat dan berguna untuk proses penguraian/pembusukan dan penyediaan unsur hara tanah. Mikroorganisme dalam EM4 apabila ditambahkan dalam bahan organik maka akan membantu proses penguraian sehingga bisa berjalan lebih cepat sehingga pupuk yang dihasilkan bise lebih cepat digunakan sebagai pupuk di lahan.
Berikut adalah cara membuat pupuk organik dari kotoran sapi dan EM 4

Cara Membuat Pupuk Organik Dari Kotoran Sapi Dengan EM4


Alat dan bahan Pembuatan pupuk organik :
Alat dan bahan dalam pembuatan pupuk organik dari kotoran sapi dan EM 4 cukup mudah diperoleh di pasaran, yaitu
- 60 kg Kotoran sapi
- 40 kg Jerami padi
- EM4
- Terpal atau plastik penutup


Cara Pembuatan pupuk organik dari kotoran sapi dan EM 4 :
1. EM4 sebelum digunakan harus diaktifkan, caranya dengan melarutkan 4 sendok gula dan 100 ml EM 4 ke dalam 1,5 lt air kemudian diamkan semalam.
2. Siapkan bahan kotoran sapi dan jerami padi yang sudah dicacah. Campurkan dan aduk hingga merata
3. Campurkan Larutan EM4 ke dalam bahan dan aduk hingga merata
4. Tutup bahan kompos tersebut menggunakan terpal atau plastik penutup.
5. Biarkan proses pengomposan berlangsung
6. Proses pengomposan berlangsung sekitar 30 hari. Tiap 3 hari sekali aduk bahan agar udara bisa masuk. Proses pengomposan ditandai adanya peningkatan suhu pada bahan kompos.
7. Pupuk organik dari kotoran sapi dan EM4 siap dipakai, ditandai dengan suhu yang sudah tidak panas lagi.


Demikian tadi informasi tentang Cara Membuat Pupuk Organik Dari Kotoran Sapi Dengan EM4. Setelah menjadi pupuk organik, kemjdian dapat diaplikasikan dalam berbagai macam tanaman misalnya tanamna padi, jagung, kacang tanah dll. Jika anda ingin membuat pupuk dalam jumlah yang lebih banyak dapat melipatkan bahan tersebut sesuai kebutuhan


Load comments

0 Comments