Cara Menanam Bayam Di Pot Mudah Sekali

Cara Menanam Bayam Di Pot Mudah Sekali - Bayam merupakan jenis sayuran yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia, karena jenis sayuran ini bayak sekali yang menyukainya. Biasanya sayuran bayam ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai pelengkap makanan atau kulupan.

Bagi Anda yang mau belajar menanam budidaya bayam tentu jangan khawatir, karena Anda tak perlu lagi menyiapkan lahan yang luas, cukup hanya menyediakan media tanam seperti pot saja Anda sudah bisa melakukan budidaya bayam di pot tersebut.

Metode menanam bayam dalam media pot ini relatif mudah dilakukan, Anda dapat memanfaatkan lahan sekitaran rumah Anda, lalu tinggal siapkan saja media tanamnya seperti pot atau polybag. Berikut ini penjelasan dari Menanam Bayam Di Pot secara jelas.

Menanam Bayam Di Pot Mudah Sekali


1. Persiapan Benih Bayam

Untuk menanam bayam langkah pertama yaitu Anda harus menyiapkan sebuah benih bayam yang super unggul agar nantinya mendapatkan hasil panen yang memuaskan. Untuk benih bayam ini yang terbaik seperti apa? Yaitu biji bayam yang sudah memasuki berumur sekitar 3 bulanan.
Tetapi Anda tak perlu juga khawatir karena dalam budidaya bayam di pot pun tidak hanya menggunakan metode benih bayam tetapi bisa juga menggunakan cara stek batang pada bayam, biasanya cara ini digunakan untuk jenis bayam cabut dan bayam petik.

2. Persiapan Pot

Setelah benih bayam atau stek batang bayam siap maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan media tanam yaitu berupa pot maupun polybag. Siapakan mediat isi dengan campuran tanah dan pupuk kompos pada pot tersebut.

Sedikit tips menanam bayam di pot yaitu sebelum memasukan campuran tanah ke dalam pot maka tanah tersebut sebaiknya diaduk sampai halus lalu diayak untuk mendapatkan tanah yang halus supaya bisa berkembang baik  dalam melakukan budidaya bayam.

3. Melakukan Penanaman Bayam

Menanam Bayam Di Pot Mudah Sekali


Apabila benih bayam sudah siap dan media tanam sudah siap selanjutnya yang Anda lakukan yaitu melakukan penanaman bayam tersebut ke dalam media tanam yang sudah Anda siapkan. Proses penanaman bayam ini cukup mudah karena ketika Anda tinggal menancapkan batam atau steak bayam tersebut ke dalam media tanam. Tetapi jika Anda melakukan budidaya dengan melalui biji benih bayam maka Anda harus melewati sebuah proses persemaian benih bayam dahulu.

Cara melakukan pembenihan bayam ini sama hal nya dengan bahasan menanam seledri dalam pot tetapi hal yang harus diperharikan adalah Anda harus hati-hati ketika memindahkan pembenihan tersebut ke media tanam yang sudah disiapkan jangan sampai akar dari benih bayam tersebut rusak.

4. Perawatan Menanam Bayam

Dalam melakukan perawatan budidaya bayam ini bisa dibilang cukup mudah karena Anda hanya perlu menyiram nya sekali cukup 2 hari saja setiap pagi dan sore harinya. Jangan lupa juga hal yang perlu diperhatikan jangan sampai tanaman bayam Anda terkena penyakit atau terserang oleh hama.

5. Tahap Pemanenan

Tahap terakhir yaitu pemanenan ketika Anda sudah melewati semua tahap-tahap yang diatas maka Anda saatnya melakukan pemanenan, biasanya untuk bayam cabut Anda hanya perlu menunggu sekitar 3 - 4 minggu saja sudah bisa dipanen, kemudian kalau untuk bayam petik biasanya baru bisa di panen ketika berumur 1 - 1,5 bulan dengan memiliki ketinggian sekitar 20cm.

Menanam Bayam Di Pot Mudah Sekali


Untuk melakukan pemanenan bayam cabut Anda bisa langsung mencabut sampai akarnya atau bisa juga memotong pada bagian pangkal sekitar 1,5 dari permukaan media tanamnya. Kemudian untuk bayam petik maka Anda bisa langsung memetik daun atau pucuk pada bagian bayam. Perlu Anda ketahui juga untuk memetik daun bayam dilakukan secara bertahap sekitar satu minggu sekali.

Semoga beberapa tips Menanam Bayam Di Pot yang telah disebutkan diatas dapat memnjadi referensi informasi yang bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba !!
Load comments

0 Comments