Cara Merawat Pohon Jambu Air Dalam Pot Agar Cepat Berbuah

Cara Merawat Pohon Jambu Air Dalam Pot Agar Cepat Berbuah - Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai macam ragam flora dan Fauna yang sangat banyak dan sangat istimewa sekali, salahsatu tanaman yang tidak asing yaitu buah jambu air, pastinya setiap orang mengenal apa itu buah jambu air.
Jambu air merupakan tumbuhan yang tergolong ke dalam suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Asia Tenggara. Sebenarnya Jambu Air berbeda dengan Jambu Semarang (Syzygium Samarangense), kerabat dekatnya yang memiliki pohon dan buah hampir serupa. Beberapa varietasnya bahkan sulit untuk dibedakan, sehingga kedua-duanya kerap dinamai dengan nama umum jambu air atau jambu saja.
Jambu air mudah ditanam dan di budidaya. Bagi anda pecinta tanaman dan kebetulan sekarang sudah mencoba menanam pohon jambu air dan belum sempat panen karena masih baru, tapi ingin segera memiliki pohon jambu air yang ingin cepat berbuah, alangkah baiknya mengikuti beberapa tips dibawah ini, yang diharapkan nantinya dapat membantu anda semuanya.

Adapun untuk langkah-langkah Cara Merawat Pohon Jambu Air Dalam Pot/Drum Agar Cepat Berbuah  yang harus dilakukan adalah sebagai berikur :


1. Kurangi Daun jambu jangan Terlalu Lebat.
Sebetulnya untuk mengurangi daun dalam jambu air ini harus dilakukan secara bertahap biasanya dilakukan perontokan ini ketika berumur pohon jambu air menginjak sekitar 6 - 8 Bulan, dan biasa juga dilakun ketika awal pohon jambu air 3 - 4 bulan setelah pemberian pupuk pertama yang diberikan. Dengan cara memotongkanya menggunakan alat pemotong tanaman dengan baik dan benar. potonglah daun pada setiap ranting dengan baik dan benar supaya tidak terjadi kesalahan yang dapat menyebabkan kecacatan pada pohon jambu air.

2. Pemupukan Pohon Jambu Air Secara Teratur.
Dengan melakukan pemupukan yang teratur pohon jambu air akan cepat berbuah dan tidak harus menunggu lama, biasanya pemupukan pohon jambu ari ini dilakukan setelah 3 - 4 bulan penanaman pohon jambu air kedalam pot,  dan 3 bulan seterusnya supaya tetap stabil dan terjaga, ketika pemupukan yang tahap kedua sebaiknya berikan pupuk kandang baik pupuk kotoran kambing, domba, atau dari kotoran ayam, karena untuk merangsang proses pertumbuhan pohon jambu. Adapun untuk pemberian pupuk kimia yaitu sebanyak 100gr NPK.

3. Penggemburan Media Tanam dan Penyiraman.
Untuk merawat pohon jambu air, dibutuhkan keseriusan yang perlu diterapkan terutama dalam perawatan hariannya, apalagi menyangkut untuk penyiramannya, karena kalau sampai pohon jambu air kurang disiram nanti bisa mati kekeringan hehe. apalagi dimusim kemarau perlu penyiraman yang disiplin. untuk biasanya penyiraman dilakukan sehari satu kali dan biasanya yang bagus itu yaitu di pagi hari sekitar pukul 08.00/09.00 dan menggunakan air sumur atau bisa juga dengan air PAM bagi anda yang biasanya diperumahan, tapi perlu anda ingat untuk air PAM sebaiknya berikan sehari sebelumnya setelah di endapkan dulu, karena air pam kebanyakan mengandung kaporit yang dapat meracuni pohon jambu air.
Untuk penggemburan media tanam bisa dilakukan dengan setahun sekali, yaitu dengan mengganti tanah yang ada didalam pot dan jangan sampai kita merusak akar kecil dan akar besarnya supaya pertumbuhan pohon jambu tidak terhampat dan serta pohon jambu tidak mati. Biasanya tanah dicampur dengan hampas/gabah dari sisa gilingan padi .



Lakukan 3 tips diatas supaya cepat tumbuh dan berbuah lebat. Semoga beberapa tips Cara Merawat Pohon Jambu Air Dalam Pot/Drum Agar Cepat Berbuah  yang telah disebutkan diatas, bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi anda semuanya,
Load comments

0 Comments