Cara Menanam Seledri Dalam Pot Mudah Sekali

Cara Menanam Seledri Dalam Pot Mudah Sekali - Seledri merupakan salah satu tanaman yang banyak sekali manfaatnya, karena hampir semua yang ada pada bagian tanaman seledri dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Namun Sebagian besar orang Indonesia biasanya seledri dimanfaatkan untuk menambah bumbu masakan supaya menjadi lebih nikmat dan sedap.


Menanam seledri pun sekarang tidak susah, Anda hanya perlu menyiapkan media tanam seperti pot atau polybag pun sudah bisa melakukan budidaya tanaman seledri ini dengan mudah. Tetapi ada sedikit hal yang perlu diperhatikan bahwa jenis tanaman ini tidak tahan pada curah hujan yang tinggi, jadi solusi yang terbaik yaitu melakukan pembudidayaan pada dataran tinggi sekitar ketinggian 1000 meter sampai 1300 meter dari permukaan laut. Namun Anda tak perlu khawatir jika Anda mau menanam seledri di dataran rendah, karena tidak semuanya mengalami kegagalan.


Untuk Anda yang ingin belajar menanam budidaya seledri dalam pot dengan mudah dan hanya memanfaatkan lahan sekitaran rumah saja, maka simaklah ulasan berikut ini tips Cara Menanam Seledri Dalam Pot.



1. Persiapan Awal
Menanam seledri ini mempunyai dua cara yaitu pertama dengan melakukan penyemaian biji dan melakukan budidaya dengan bibit seledri atau ketika tanaman sudah muncul 3-4 helai daun seledri. Pada dasarnya ini hanya sesuai kebutuhan saja apabila Anda mau menanam seledri dengan skala luas maka dianjurkan untuk memakai metode penyemaian biji, dan sebaliknya jika Anda mau menanam seledri di pot atau polybag maka metode ini cocok dengan penanaman bibit seledri.


2. Melakukan Penyemaian Bibit Seledri
Tak perlu khawatir bagi Anda yang kesusahan dalam

melakukan penyemain biji seledri karena akan dijelaskan sebagai berikut :


Siapkan dahulu untuk tempat persemiannya seperti bedengan, kemudian campur dengan pupuk kompos.
Lalu Anda bisa merendam dahulu biji seledri dengan air hangat selama kurang lebih 60 menit.
Jangan lupa berikan sebuah pelindungan seperti plastik pada bagian atas lahan persemiannya supaya terhindar dari panas terik matahari maupum kucuran hujan.
Kemudian buatlah lubang sekitar 0,5 cm untuk dimasukan biji seledri tersebut dan tutup tipis saja dengan tanah dan jangan lupa untuk menyiramnya supaya tanah agar terjaga kelembapannya, ooiya berikan jarak antar lubang tadi sekitar 10 - 25 cm.


Lakukanlah penyiraman pada persemaian bibit seledri tersebut setiap pagi atau bisa sore hari guna menjaga kelembapan pada persemaian tersebut.
Ketika bibit seledri sudah mulai muncul tumbuh sekitar 3 - 4 helai daun seledri maka langsung bisa untuk di pindahkan di media tanam seperti pot atau polybag.


3. Menanam Seledri Dalam Pot

Setelah Anda melakukan persemaian bibit seledri maka selanjutnya bisa memindahkan bibit tersebut ke media tanam seperti pot atau polybag. Sebelumnya Anda harus menyiapkan dahulu pot nya, cara nya sama seperti di menanam kangkung dalam pot. Setelah media tanam siap maka selanjutnya bisa diisi dengan campuran tanah dan pupuk kompos.
Kemudian buatlah lubang pada media tanam tersebut sedalam 3 cm guna untuk memasukan bibit dari hasil persemaian tadi, lakukan cara ini dengan hati-hati, jangan lupa untuk menimbun lagi dengan hasil campuran tanah dan pupuk kompos.


4. Melakukan Perawatan
Dalam melakukan perawatan tanaman seledri ini cukup mudah, sama hal nya dengan Menanam Kangkung Dalam Pot. Lakukan lah penyiraman secara rutin ketika masih berumur sekitar 1 minggu setelah Anda melakukan pemindahan benih seledri kedalam pot, tetapi jangan sampai becek karena berakibat akar menjadi busuk dan hasil tak akan maksimal. Selepas 1 minggu berjalan sebaiknya Anda melakukan penyiraman cukup 3 kali saja dalam sepekan, guna menjaga kesuburan pada tanaman tersebut.



5. Melakukan Penen
Tahap terakhir yaitu melakukan penen, biasanya tanaman seledri ini ketika berumur kurang lebih dari 2 - 3 minggu saja sudah bisa dipanen. Lalu ciri-ciri tanaman seledri yang siap panen itu seperti apa? Yaitu ketika seledri terlihat daun yang rimbun atau sudah banyak daun seledri maka sudah bisa dipanen.
Demikianlah tadi beberapa beberapa tips Cara Menanam Seledri Dalam Pot, Semoga dapat memberikan referensi yang bermanfaat untuk anda.



Artikel Hobi Tani Lainnya :

0 Comments:

Posting Komentar

Scroll to top