Deskripsi Varietas Unggul Baru Tanaman Padi Dari BB PADI Sukamandi

 Deskripsi Varietas Unggul Baru Tanaman Padi Dari BBPADI Sukamandi - Balai Besar Penelitian Tanaman Padi atau lebih dikenal dengan BB PADI merupakan sebuah lembaga penelitian dibawah Kementerian Pertanian yang memiliki tugas menghasilkan dan mengembangkan teknologi tanaman padi modern dengan produktivitas dan efisiensi yang tinggi. Pengembangan teknologi tanaman padi yang dikembangkan salah satunya adalah pengembangan varietas unggul baru. BB PADI didirikan sejak tahun 1972 dengan nama Lembaga Penelitian Pertanian atau disingkat LP3 Cabang Sukamandi. Presiden Soeharto pada tahun 1980 meresmikan lembaga ini menjadi Balai Penelitian Tanaman Pangan atau Balittan Sukamandi yang melaksanakan penelitian tentang tanaman padi dan palawija. Pada tahun 1994 lembaga ini berubah nama lagi menjadi Balai Penelitian Tanaman Padi atau Balitpa. Balitpa kemudian diubah lagi menjadi Balai Besar Penelitian Tanaman Padi atau BB PADI pada tahun 2006 sampai sekarang. BB Padi berlokasi di Jl. Raya 9, Sukamandi, Subang, Jawa Barat 41256.

Deskripsi Varietas Unggul Baru Tanaman Padi Dari BB PADI Sukamandi


Seperti disampaikan diatas bahwa BB PADI melakukan penelitian tentang pengembangan teknologi tanaman padi terutama pengembangan varietas unggul tanaman padi. Pada tahun 2019, BB PADI telah mengeluarkan sebuah buku yang berisi tentang informasi tentang varietas unggul baru tanaman padi yang telah dilepas sejak tahun 2007. Penamaan suatu varietas padi biasanya mengikuti pola tertentu, dahulu penamaan padi berupa kode seperti IR-64, IR-66 dsb. Kemudian digunkan nama sungai seperti Ciherang, Cisadane, dll. Dimulai pada tahun 2008, penamaan Varietas Unggul Baru tanaman padi yang dilepas oleh balai tidak  lagi menggunakan nama sungai seperti diatas, namun menggunakan nama baru, yaitu: Inpa (Inbrida Padi) dan Hipa (Hibrida Padi). Khususnya untuk penamaan jenis padi inbrida, biasanya dinamai dengan tambahan kata pada ujung Inpa, contohnya adalah : Inpari = Inbrida Padi Irigasi, = Inbrida Padi, Inpara = Inbrida Padi Rawa ( rawa pasang surut/lebak) dan Inpago = Inbrida Padi Gogo. Kemudian pada tahun 2017, penamaan Varietas Unggul Baru atau VUB yang dilepas BB PADI menggunakan istilah baru seperti Munawacita Agritan, Mustaban Agritan dan Baroma untuk padi irigasi, Rindang 1, Rindang 2 dan luhur 1 untuk varietas padi gogo serta menggunakana istilah Purwa untuk padi rawa .


Di dalam buku Deskripsi Varietas Unggul Baru Padi yang diterbitkan oleh BB PADI, memuat berbagai jenis varietas unggul tanaman padi yang telah dikembangkan oleh BB PADI, Diantaranya adalah Ciherang, Mekongga, INPARI 1 sampai dengan INPARI 44, Tarabas, Munawacita Agritan, Mustaban Agritan, Rokan, Hibrida Padi (Hipa) 1 sd 19, Siliwangi Agritan, Padjadjaran Agritan, Cakrabuana Agritan, Baroma, Pamelen, Pamera, Paketih, Jeliteng, Inpari IR Nutri Zinc, Inpari 45 Dirgahayu, Mantap, Situ Patenggang, Situ Bagendit, Inpari Padi Gogo (Inpago), Inpari Padi Rawa (Inpara) dll.

Jika anda berminat untuk mendownload buku Deskripsi Varietas Unggul Baru Padi yang diterbitkan oleh BB PADI anda dapat mengunduh pada link dibawah, semoga bermanfaat.

https://drive.google.com/file/d/1zBlKJvytRMcRWJs3R_iaU-6T0rhFnMq5/view?usp=sharing

Preview :



Load comments

0 Comments