Jenis-jenis Tanaman Hias Daun dan Tanaman Hias Bunga

Jenis-jenis Tanaman Hias Daun dan Tanaman Hias Bunga - Orang yang menyukai keindahan biasanya tidak akan membiarkan ada lahan kosong disekitar rumah, mereka akan memenuhinya dengan aneka macam Jenis-jenis Tanaman Hias Daun dan Tanaman Hias Bunga. Jenis tanaman hiasan  tersebut biasanya tergantung dari selera masing-masing. Meski begitu ada beberapa jenis tanaman yang paling banyak disukai seperti Caladium Bicolor, Aglaonema, Adiantum, dan Dieffenbachia yang masuk kategori tanaman hias daun. Ada juga tanaman jenis African Violets dan Begonia Semperflorens yang masuk kategori tanaman hias bunga.

Jenis-jenis Tanaman Hias Daun


Ada beberapa jenis tanaman hias daun yang belakangan banyak digandrungi pecinta tanaman hias. Berikut ini diantaranya :

Caladium Bicolor (Keladi Red Star)
Caladium Bicolor (Keladi Red Star)
 
Tanaman hias yang satu ini disukai karena bentuk dan warna daunnya yang cantik. Keladi Red Star atau Caladium Bicolor ini memiliki ciri khas urat pada daun yang menyerupai bintang dengan warna merah cerah. Sementara tangkai daun berwarna pink diikuti belang-belang hitam. Tanaman ini sangat mudah berkembang jika media tanam tetap terjaga kelembabannya. Untuk menjaga warna merah urat daun tetap kuat, sebaiknya tanaman ini diletakkan di tempat yang mendapat pasokan sinar matahari penuh setiap hari.
Media tanam Keladi Red Star yang paling bagus adalah sekam atau cocopeat. Tidak perlu terlalu sering menyiram tanaman hias ini. Penyiraman idealnya cukup sekali sehari saja dan langsung pada medianya, bukan pada daunnya.

Aglaonema atau Sri Rejeki
Aglaonema atau Sri Rejeki
 
Aglaonema atau Sri Rejeki adalah tanaman hias dengan bentuk daun lonjong berwarna hijau. Terdapat hiasan bintik-bintik dan garis berwarna abu-abu atau keperakan. Jenis tanaman ini mudah dipelihara karena tidak membutuhkan perawatan khusus. Hanya saja Aglaonema butuh lingkungan yang lembab serta cahaya matahari tidak langsung.

Jika diletakkan di suhu ruang yang panas atau kering Aglaonema mudah layu dan biasanya harus dibuang. Satu hal lagi, daun Sri Rejeki ini tidak tahan terhadap asap rokok dan uap air. Perawatan yang memakan waktu biasanya ketika memangkas daun yang masih segar namun sudah tua.

Adiantum atau Suplir
Adiantum atau Suplir
 
Sebenarnya tanaman hias Adiantum atau Suplir terdiri dari beberapa jenis dan varietas. Bentuk daunnya yang kecil-kecil terlihat cantik dan menciptakan suasana segar. Sayangnya tanaman butuh perawatan ekstra karena membutuhkan udara yang bersih di lingkungan yang lembab. Suplir tidak membutuhkan banyak cahaya, oleh karena itu harus diletakkan di tempat yang teduh.
Suplir tidak membutuhkan banyak air. intinya tananam ini dapat tumbuh normal di tempat yang lembab, tidak basah namun juga tidak kering. Untuk menyiramnya lebih baik menggunakan air hujan. Yang harus diingat, selama musim kemarau pot atau media taman perlu dikelilingi mos basah (tidak harus air hujan) untuk menjaga kelembabannya. Nah, awal musim hujan merupakan masa Adiantum tumbuh. Sebaiknya Suplir dipupuk secara teratur atau setelah dipindahkan ke pot yang disesusuaikan dengan ukurannya.

Dieffenbachia (Daun Bahagia)
 Dieffenbachia (Daun Bahagia)
 
Dieffenbachia atau juga sering menyebut Daun Bahagia ini mudah sekali perawatannya serta pengembangbiakannya. Tanaman hias ini umumnya tahan di ruangan tertutup meskipun diwaktu-waktu tertentu perlu dikeluarkan di tempat terbuka. Dieffenbachia cocok untuk tanaman indoor sebab jika diletakkan di ruangan warna daunnya cenderung gelap. Tanaman ini jua efektif membersihkan udara serta menyerap racun di udara.

Tanaman Dieffenbachia perlu diwaspadai karena termasuk tanaman hias beracun. Benar, getah daun dan batang tanaman ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan alergi, gatal-gatal, bahkan kejang pada lidah dan kerongkongan.

Jenis tanaman Hias Bunga


Selain tanaman hias daun, ada juga beberapa tanaman hias yang termasuk tanaman hias bunga. Berikut diantaranya :

African Violets (Violces)
African Violets (Violces)
 
Ciri khas tanaman African Violets adalah bunga yang indah serta daun yang sedikit berbulu. Tanaman mungil ini memiliki bunga dengan kombinasi warna biru, merah lembayung dan merah jambu keputih-putihan. Tanaman hias ini tidak suka matahari langsung namun lebih cocok dengan lingkungan lembab serta udara yang tenang. Untuk menyiramnya harus menggunakan air hangat suam-suam kuku dan tidak boleh memercik didaunnya.

Begonia Semperflorens
 Begonia Semperflorens
 
Salah satu jenis Begonia bunga ini terlihat mungil dan menarik karena setiap saat bisa berbunga sepanjang tahun. Begonia Semperflorens memiliki daun hijau mengkilat dengan bunga bervariasi, mulai dari warna putih hingga merah cerah. Tanaman hias ini cocok ditempatkan di ruangan lembab dan daunnya tidak boleh terkena air.

Demikianlah tadi diantaranya Jenis-jenis Tanaman Hias Daun dan Tanaman Hias Bunga. Mungkin satu atau beberapa diantaranya bisa Anda pilih untuk mempercantik tampilan bagian dalam atau luar rumah Anda.
Load comments

0 Comments