Mengatasi Keretakan atau Pecah-pecah Pada Buah Tomat

Mengatasi Keretakan atau Pecah-pecah Pada Buah Tomat - Tomat dapat retak dalam dua cara yang berbeda, seperti lingkaran horizontal, retak konsentris, atau sebagai garis split lurus dari ujung batang ke bagian bawah buah, yang disebut retak radial. Beberapa varietas lebih mungkin untuk pecah daripada yang lainnya, tapi semua tomat akan retak bila terlalu matang. Faktor lain pemicu Keretakan atau Pecah-pecah Pada Buah Tomat diantaranya adalah kelembaban yang berfluktuasi atau tingkat suhu yang menyebabkan pertumbuhan tidak merata.
Mengatasi Keretakan atau Pecah-pecah Pada Buah Tomat


Suhu

fluktuasi besar dalam suhu udara dapat menyebabkan proses tumbuh yang start-stop , dan tomat mengalami periode pertumbuhan yang cepat setelah peningkatan suhu tiba-tiba. Jenis retak biasanya menghasilkan bekas luka atau warna coklat, permukaan yang kasar. Jangan pindahkan tomat Anda keluar ruangan sampai suhu telah mantap. Pada suhu di atas 85 derajat Fahrenheit, tomat lebih rentan terhadap retak. Jangan memangkas tanaman Anda seperti daun secara berlebihan karena seharusnya daun tersebut akan memberikan keteduhan yang diperlukan untuk buah-buahan.

Air

Kelembaban yang tidak teratur juga akan menyebabkan buah pecah-pecah. Tingkat kelembaban yang rendah menyebabkan pertumbuhan buah lebih lambat, dan peningkatan kelembaban, menyebabkan bagian dalam buah tumbuh lebih cepat daripada yang kulit dapat antisipasi, sehingga muncul celah atau split. Mempertahankan tingkat kelembaban adalah cara untuk mencegah untuk retak, yang ditandai dengan luka yang dalam dan timbul pecah. Tomat membutuhkan curah air sekitar 3 cm air per minggu, baik oleh curah hujan atau irigasi.

Mulsa / material penutup tanaman

Untuk membantu mempertahankan bahkan kelembaban tanah, mulsa tanaman tomat Anda setelah transplantasi. tempatkan lapisan 3 cm mulsa sekitar pangkal tanaman Anda untuk memberikan pasokan nutrisi ekstra untuk tanaman selama musim pertumbuhan serta membantu mempertahankan tingkat kelembaban tanah yang mantap. Mulsa juga akan mengurangi pertumbuhan gulma, meninggalkan lebih banyak air dan unsur hara bagi tanaman tomat Anda.

Area Tumbuh

Meskipun Anda tidak bisa mengendalikan suhu udara luar, menanam tomat di daerah yang menerima minimal 6 jam sinar matahari penuh setiap hari akan memastikan cahaya yang memadai dan pasokan sinar hangat dalam kasus fluktuasi suhu. Penanaman tomat di tanah atau kebun hidroponik akan membantu mencegah air tanah masuk. Jika Anda tidak memiliki ruang dengan kondisi pertumbuhan yang sesuai, pertimbangkan taman kontainer atau taman portabel. Tanaman kontainer tomat dapat dipindahkan untuk memastikan sinar matahari yang stabil dan untuk melindungi dari cuaca buruk, dan tingkat kelembaban tanah juga dapat diatur.

Mengapa Tanaman Tomat Retak Dan Apa Yang Harus Dilakukan?


Retak pada buah tomat adalah masalah yang terkait dengan kondisi pertumbuhan. Cuaca kering yang memberikan jalan terjadinya penyiraman yang berlebihan atau periode hujan dapat menyebabkan retak. Inilah yang terjadi ketika tomat retak :

Tanaman tomat dialiri air terlalu banyak dan terlalu cepat.
Bagian dalam Tomat tumbuh cepat karena menyerap air tambahan dari hujan atau penyiraman tidak proporsional, tetapi ekspansinya terlalu cepat.

Kulit tomat tidak dapat meregang untuk menampung cairan ekstra. Retak untuk Meredakan tekanan .
Seperti Apa Penampakan Tomat Retak ?

Retak biasanya mempengaruhi ujung batang tomat (entry point air ke dalam buah).Ada dua jenis retak: radial dan konsentris.

Retak konsentris: berbentuk lingkaran yang mencakup bagian atas atau seluruh keliling tomat sekitar ujung batang buah

Retak / Pecah radial: garis lurus yang panjang keluar dan ke bawah dari batang buah
Kapan tanaman tomat mempengaruhi terjadinya retak pada buah?selama kondisi hangat, cuaca basahselama cuaca basah yang mengikuti periode keringsetelah penyiraman yang berlebihan yang mengikuti periode kering

Dapatkah Saya Makan Tomat Retak?

Iya, anda dapat mengkonsumsinya. Ambil tomat retak sesegera mungkin untuk menghindari infeksi. Ketika mengambil tomat retak, cukup potong bagian yang terkena.

Bagaimana Mencegah Retak Pada Tomat?


Tanaman varietas tomat tahan retak yang memiliki kulit elastis, termasuk Daybreak, Early Girl, Earl of Edgecombe, Heinz 1350, Jet Star, Juliet, mountain Delight, mountain Pride, dan Valley Girl.
Pemberian mulsa pada tanaman ( tunggu sampai stabil - sekitar 3 - 5 minggu setelah tanam ) untuk membantu mempertahankan kelembaban di dalam tanah.

Menjaga pasokan air sepanjang musim.

Meskipun Anda tidak bisa mengontrol kondisi cuaca, Anda dapat memastikan bahwa tanaman memperoleh penyiraman secara teratur.tanaman tomat membutuhkan 2 - 4 cm air perminggu (termasuk hujan). Selama musim kering, siram tomat lebih mendalam ke akar sehingga hujan berikutnya tidak akan mengejutkan kulit dan menyebabkan retak yang tidak perlu - gunakan selang infus atau sistem irigasi lainnya.

Terapkan pupuk berimbang.

Ketika bunga dan buah mengembang, tomat membutuhkan lebih banyak fosfor dan kalium.nitrogen berlebihan dapat menyebabkan tanaman tumbuh terlalu cepat, menyebabkan retak. Jangan over memberikan pupuk. Nutrisi berlebih dapat menyebabkan lonjakan pertumbuhan. Tomat dapat memiliki waktu kompensasi yang sulit dan mungkin saja terjadi retak.
Tips khusus varietas Beefsteak lebih rentan terhadap kasus Keretakan atau Pecah-pecah Pada Buah Tomat. Jika tanaman tomat kering, air hanya cukup untuk menjaganya hidup. Terlalu banyak air pada satu waktu memunculkan kondisi retak. Setelah tanaman Anda telah pulih dari musim kering, perlahan-lahan buat kembali jadwal penyiraman yang teratur.

Artikel Hobi Tani Lainnya :

0 Comments:

Posting Komentar

Scroll to top