Cara Menanam Sayuran dengan Teknik Hidroponik NFT

Cara Menanam Sayuran dengan Teknik Hidroponik NFT - Tehnik NFT (Nutrien Film Technique) adalah salah satu system dalam budi daya tanaman hidroponik terutama sayuran yang mudah di aplikasikan. Cara menanam sayuran dengan tehnik hidroponik terbilang mudah dilakukan, apa yang terbayang oleh anda ketika mendengan Menanam Sayuran dengan Teknik NFT? Tanaman sayuran segar hijau indah dipandang mata.
Tehnik Hidroponik NFT ini pada umumnya terbuat bahan PVC (Talang Datar), walaupun ada juga yang memodifikasinya dengan pipa PVC bulat dan tidak datar dan sebenarnya apabila anda memahami cara kerja NFT ini anda bisa juga memodifikasinya dengan menggunakan bahan yang lain.
Menanam sayuran dengan tehnik Hidroponik NFT bisa dia aplikasikan walaupun di lahan pekarangan yang sempit, tinggal anda sesuaikan saja medianya dengan lahan yang ada. Dengan begitu tidak ada alasan untuk tidak bisa menanam sayuran karena tidak adanya lahan dengan teknik hidroponik itu bisa dilakukan.
Saat anda mulai merencanakan Menanam Sayuran dengan Teknik Hidroponik NFT bahan-bahan yang dibutuhkan untuk hidroponik ini mudah di dapatkan dengan membelinya secara online sudah sangat banyak dijual, bahkan jika anda tidak repot dan memiliki keahlian anda bisa membuatnya sendiri.
Selanjutnya rencanakan tanaman sayuran apa yang akan anda tanam? Seperti yang banyak dikembangkan saat ini adalah jenis sayuran yang berumur pendek atau sayauran yang cepat di panen seperti: Kangkung, Bayam, Pakcoy, caisim, lacture dsb.

Setelah anda menentukan dan mempunyai bayangan tanaman yang bakal cocok dan mudah untuk dipasarkan di daerah anda, selaanjutanya mempersiapkan lahan dan peralatan yang dibutuhkan dalam menanam sayur hidroponik dengan Tehnik Hidroponik NFT ini.
Tahap Persiapan Hidroponik NFT


Hal pertama yang harus anda persiapkan dalam menanam sayuran dengan tehnik NFT ini adalah:
1. Modul/unit Peralatan NFT yang sudah anda siapkan sebelumnya
2. Benih Sayuran
3. Nutrisi Hidroponik
4. Ph dan TDS Meter

Tapi sebelumnya anda harus pahami, cara kerja Teknik Hidroponik NFT ini dimana, tanaman atau anak semai diletakkan diatas media NFT dengan menggunakan Netpot sehingga akarnya menggantung, air nutrisi di pompakan dari bawah (Tandon) keatas talang dengan mengggunakan pompa aquarium/pompa air biasa. Dan pompa harus dijalankan secar terus menerus agar suplai nutrisi ke akar tanaman tetap terjaga.
Setelah anda paham cara kerja Tehnik Hidroponik NFT ini, berikut ini adalah berikut langkah-langkahnya :


1. Penyiapan Benih/Penyemaian
Saat melakukan penyemaian benih sayuran gunakanlah media tanam Rockwool, karena rockwool selain bersih dan mampu menahan air juga nanti bisa sebagai penahan akar tanaman agar tanaman berdiri tegak, dan yang tidak kalah pentingnya pilihlah benih sayuran yang berkualitas super agar nantinya dapat menghasilkan anak semai yang baik, sehingga mudah berkecambah dan memiliki pertumbuhan yang sempurna.

Oleh karena itu hati dalam memperlakukan anak semai, Anak semai sangat menentukan dalam pertumbuhan tanaman selanjutnya. Agar anak semai tumbuh dengan baik, sebaiknya berikan nutrisi dari awal penyemaian dengan konstrat 300 ppm.

2. Pemindahan Anak Semai ke media Pembesaran
Saat setelah Anak semai cukup besar, dan sudah memiliki 4 daun agar segera di pindahkan ke media pembesaran beserta rockwool nya. Pada fase ini berikan nutrisi hidroponik yang sudah siapkan dengan kepekatan sekitar 500 - 1000ppm, sesuaikan dengan jenis dan fase pertumbuhan sayuran.

3. Perawatan Selama Pembesaran
Pada tahap ini adalah dimana anda harus selalu mengontrol pertumbuhan tanaman, yang pertama harus di perhatikan adalah kecukupan nutrisinya, kedua ph air yang harus stabil, perubahan cuaca sangat mempengaruhi tingkat ph, keadaan yang sangat panas bisa memicu kenaikan ph air.
Pastikan kecukupan sinar matahari untuk tanaman, ini penting untuk pertumbuhan tanaman agar tanaman bisa melakukan fotosintesis dengan sempurna dan penyerapan nutrisi secara maksimal, sehingga tanaman tumbuh dengan subur dan segar.

Saat terjadi Hujan, hindari agar air hujan tidak masuk ke Tandon Nutrisi, jika tandon nutrisi tercampur air hujan maka otomatis kepekatan atau konstrat nutris akan berubah atau ppm menjadi turun.
Untuk menghindari air hujan masuk ke tandon nutrisi maka buatlah atap menggunakan plastik UV, atau alternatif kedua buat saluran pembuangan, saat hujan tutup saluran yang akan masuk ke tandon dan alirkan ke pembuangan.

4. Panen
Saat panen adalah saat yang di tunggu-tunggu, sayuran yang bagus terlihat dari hijau daunnya dang mengkilp seger, Segera panen tanaman sayuran yang sudah memasuki usia panen, agar didapat hasil panen yang sempurna.

5. Pasca Panen
Bersihkan modul beserta netpot dari kotoran dengan bersih agar media tanam awet untuk melakukan penanaman berikutnya.

Demikaianlah tadi beberapa tips serta langkah-langkah dalam Menanam Sayuran dengan Teknik Hidroponik NFT. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk anda, dan selamat mencoba !!

Load comments

0 Comments