Ikuti Lomba Kontes Kopi Spesialti Indonesia ke 12

Minum Kopi saat ini sudah menjadi tren di masyarakat. Hal itu dibuktikan menjamurnya kafe dan coffeshop di berbagai wilayah. Indonesia sebagai salah satu penghasil kopi memiliki berbagai macam jenis kopi baik arabica maupun robusta. Beberapa kopi yang sudah sangat terkenal sampai mancanegara misalnya kopi Gayo, Lampung, Sidikalang, Temanggung, Muria, Toraja, Papua dll. Kopi dari daerah tertentu di Indonesia memiliki citarasa yang khas dan unik.



Ikuti Lomba Kontes Kopi Spesialti Indonesia ke 12

Dalam rangka untuk lebih mengangkat kopi nasional, Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia atau AEKI bekerja sama dengan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia atau PPKKI menyelenggarakan sebuah lomba kopi yang diberi nama Kontes Kopi Spesialti Indonesia. KKSI ini sudah sering diselenggarakan, untuk tahun 2020 ini sudah memasuki edisi ke 12. KKSI ke 12 Tahun 2020 ini mengangkat tema "Semangat Mengangkat Kopi Nasional di Masa Pandemi Covid 19".

Siapakah yang menjadi peserta KKSI ? Peserta KKSI bia dari berbagai kalangan, seperti perorangan, kelompok tani, dinas pembina, trader, pelaku usaha, kedai kopi unit penelitian dan pengembangan kopi, dan lainnya. Jadi jika anda memiliki jenis kopi yang baik dan layak untuk diajukan lomba, sebaiknya anda mengikuti lomba ini karena tentu saja banyak manfaatnya. Event lomba seperti ini tentunya akan banyak memberikan keuntungan bagi peserta, karena apabila dapat memenangkan lomba, selain dapat mendapatkan hadiah menarik kopi kita bisa lebih dikenal di tingkat nasional.

Syarat mengikuti KKSI ke 12 tahun 2020 adalah memiliki biji kopi berupa green bean dengan kadar air 12, 5 %, memenuhi standar mutu kopi biji berdasarkan SNI kopi biji 01-2907-2008, kopi yang dilombakan merupakan hasil panen tahun 2020 dan kopi bisa jenis arabika ataupun robusta.

Syarat Peserta yang dapat mengikuti KKSI ke 12 Tahun 2020 adalah bisa berupa perorangan, kelompok tani, dinas pembina, trader, pelaku usaha, kedai kopi unit penelitian dan penhgambangan kopi, dan lainnya, mengisi formulir kepesertaan, membayar buaya pendaftaran Rp. 150.000,- per sampel kopi, mengirimkan sampel kopi ke PPKKI di JEmber sebanyak 2,5 kg.

Kategori perlombaan kopi ini ada 3 jenis yaitu
Kelompok 1 : Robusta Natural (Dry Proces)
Kelompok 2 : Arabika full/semo wash
Kelompok 3 : Arabika Natural (Dry Proces)

Hadiah lomba KKSI ke 12 tahun 2020 ini adalah sebagai berikut:
Juara 1 uang tunai RP. 10.000.000,- beserta piala dan piagam
Juara 2 uang tunai Rp. 7.500.000,- beserta piala dan piagam
Juara 3 uang tunai Rp. 5.000.000,- beserta piala dan piagam

Ikuti Lomba Kontes Kopi Spesialti Indonesia ke 12


Untuk informasi lainnya dapat dilihat di banner pengumuman yang kami sertakan dalam artikel ini ya. Demikian informasi tentang Lomba Kopi Kontes Kopi Spesialti Indonesia yang ke 12 tahun 2020 semoga bermanfaat. Jika anda berminat mengikuti Kontes ini formulir dapat diunduh pada tautan di bawah ini.


Load comments

0 Comments