6 Cara Mengatasi Hama Leafminer Pada Tanaman Hidroponik

6 Cara Mengatasi Hama Leafminer Pada Tanaman Hidroponik, Hobi Tani - Tanaman hidroponik sangat rentan sekali terkena serangan hama. Alasan utamanya adalah karena tidak menggunakan pestisida kima, inilah yang menjadi pembeda hasil sayuran hidroponik dengan hasil sawah tidak adanya penggunaan hidroponik kima.

Serangan hama mulai dari belalang, kemudian ulat daun dan yang paling populer adalah hama leafminer. Tanda tanaman anda terkena leafminer ini sangat gampang di deteksi, kalau ada garis garis putih memanjang di daun yang berkelok kelok seperti sirkuit lintasan motogp maka sudah dipastikan itu isinya larva leafminer atau hama penggorok daun.



Mengatasi Hama Leafminer Pada Tanaman Hidroponik

Jenis sayuran yang paling disukai oleh leafminer adalah pakcoy, caisim kemudian sawi sawian. Sedangkan pada bayam biasanya ada yang dinamakan dengan kutu kebul.

Berikut beberapa tips simple dalam mengatasi hama leafminer pada sayuran hidroponik

1. Mengetahui asal usulnya

Leafminer sendiri dibawah oleh kupu kupu, kumbang kumbang kecil yang bertebangan mereka hinggap di daun kemdian menteskan telurnya disana. Telurnya inilah yang masuk dalam serat daun kemudian tumbuh menjadi larva yang siap mengrogoti daun sayuran anda sampai habis tuntas.

Dalam masalah yang pertama ini, tentu saja cara pengendalianya adalah melakukan penutupan di area tanaman hidroponik anda. Penutupan bisa dengan membuat grenhouse kecil kecilan.

2. Membuat Jebakan Serangga

Dalam dunia hidroponik ada yang dikenal dengan namanya Yellow trap. Dimana anda bisa membeli atau membuatnya sendiri. Cara membuat Yelow trap tergolong mudah sekali berikut perlengkapanya:

Siapkan kertas warna kuning, atau botol aqua bisa anda cat dengan warna kuning terserah anda.

Setelah itu lumuri dengan lem tikus dan letakan di area tanaman anda. Semua kumbang akan lari kesana dan hinggap kemudian mati.

Jika ingin lebih ampuh lagi, anda bisa mencoba menggunakan bantuan cairan Petrogenol. Carian ini sendiri akan mengundang hama mencarinya cara membuatnya juga mudah.

Siapkan cairan pertogenol bisa anda beli online

Kemudian oleskan pada kapas dan gantungkan di botol aqua pada bagian dalamnya

Lumuri dalam botol aqua dengan minyak goreng

Berikan bolongan kecil saja untuk jalan masuknya serangga

Dan siap siap saja anda akan panen banyak serangga

Akan tetapi, dalam beberapa diskusi penggunaan cairan petrogenol ini ada triknya jangan letkan terlalu dekat di area tanaman hidroponik usahakan rada jauh.

Bau cairan ini sangat menyengat dan mampu mengundah banyak serangga berdatangan bukanya malah berkurang nanti semakin bertambah.

3. Memotong daun

Langkah yang paling mudah anda lakukan adalah dengan cara membuah daun yang terkena leafminer ini secepat mungkin. Kalau dibiarkan saja, maka seiring bertambah hari maka daun sayuran anda akan habis, dan hebatnya hama ini sangat cepat sekali penyebaranya.

4. Menghindari tempat tanam yang dekat dengan pohon atau sawah

Sebisa mungkin memang membuat tempat hidroponik jauh dari pohon pohon besar atau area perasawahan. Hal ini akan sangat membantu dalam mengurangi serangan hama. Anda bisa membuat tempat hidroponik ideal di lantai atas rumah anda misalkan.

5. Memberikan masa selang dalam bertanam

Ini juga tergolong ampuh dalam mengatasi serangan hama. Jika sudah terlalu banyak, anda bisa berhenti dulu menanam beberapa minggu tunggu semua hama sudah hilang kemudian melakukan proses semai kembali.

6. Menggunakan pestisida nabati

Ingat ya, pestisida nabati bukan yang kimia. Anda bisa membeli banyak di online. Salah satu merek yang bisa anda coba misalkan ada neem oil. Baunya tentu saja sangat menyengat sekali, atau bisa anda racik sendiri mungkin namun dari sisi efek lebih bagus menggunakan neem oil ini.

Mengapa harus pestisida nabati ? Alasan utamanya adalah jenis pestisida ini kalau terkena air akan larut, berbeda dengan yang kimia anda harus menunggu kurang lebih 2 minggu baru bisa di konsumsi setelah melakukan penyemprotan.

Demikian adalah informasi tentang 6 Cara Mengatasi Hama Leafminer Pada Tanaman Hidroponik. Semoga bisa membantu anda yang sedang berhidroponik dan sedang berusaha mengatasi maslaah hama leafminer pada tanaman hidroponik.


Load comments

0 Comments