Cara Memulai Hidroponik untuk Pemula dan Perlengkapanya

Cara Memulai Hidroponik untuk Pemula dan Perlengkapanya, Hobi Tani - Hidroponik merupakan salah satu kegiatan berkebun di era modern yang mulai banyak di gemari. Namun tentu saja masih banyak orang yang bingung bagaimana memulainya, padahal sangat simple sekali anda hanya perlu membaca sedikit tutorial di youtube atau internet dan sudah bisa memulai hari itu juga.

Intinya untuk memulai berhidroponik anda harus menyiapkan dulu apa saja perlengkapanya. Kita akan bahas tuntas dalam artikel ini step by step sebagai panduan dasar khusus bagi pemula dalam bertanam hidroponik di pekarangan rumah misalkan.



Perlengkapan Hidroponik

1. Biji atau benih sayuran

Anda bisa mencoba banyak jenis benih sayuran mulai dari kangkung, bayam, pakcoy, sawi, selada, untuk mendapatkanya bisa beli secara online baik yang repack atau masih segel.

Kami sarankan untuk pemula bisa membeli benih yang repack saja, karena lebih murah dan anda akan mendaptkan banyak sekali jenis benih sayuran. Dalam proses ini, khusus bagi pemula yang paling mudah di tanam adalah kangkung, karena dari semai sampai panen tidak begitu lama waktunya hanya 3 minggu saja.

Cara semai kangkung juga berbeda dengan jenis sayuran lainya, dimana bijinya tinggal anda masukan kedalam netpot sekitar 10 biji kemudian semai dan tunggu kecambang keluar dan bisa anda kenakan sinar matahari penuh sampai keluar daun 3 setelah itu bisa di tanam dan diberikan nutrisi atau pupuk.

2. Media tanam

Siapkan dulu media tanam apa yang akan anda gunakan, dalam hidroponik ada beberapa jenis media tanam dari awal sekali pada masa proses semai misalkan. Anda bisa menggunakan tisu bekas, kemudian tanah kompos, sekam bakar, yang di taburkan dalam satu wadah penampang.

Jika anda ingin lebih simple, maka bisa menggunakan media Rockwol yang sudah banyak digunakan sampai saat ini. Usahakan melakukan semai pada sore hari, taburkan benih secara merata kemudian taruh di tempat gelap dan lihat hasilnya besok pagi. Kalau sudah berkecambah maka sudah bisa anda kenakan sinar matahari full dengan catatan tetap menjaga kelembaban media tanamnya.

Kemudian jika sudah muncul 3 duan, anda bisa memindahkan ke tempat permanen. Dalam hal ini untuk mengirit budget anda bisa memanfaatkan botol bekas aqua gelas yang dibolongin pada bagian bawahnya, kemudian masukan hasil semaian anda disana usahakan akarnya menyentuh air ini jika anda tidak menggunakan kain flanel.

Untuk produkan sendiri, anda bisa menggunakan netpot dimana dari sisi daya tahan lebih awet, karena terbuat dari plastik yang tebal.

3. Pupuk

Yang paling penting dalam hidroponik adalah pupuk. Dimana tanpa menggunakan pupuk, maka tanaman hidroponik anda akan susah besar dan tidak maksimal.

Pupuk hidroponik yang terkenal digunakan banyak orang sampai sekarang adalah jenis AB-MIX dimana terdiri dari dua pekatan yakni pekatan A dan B. Nanti dikemasannya ada cara penggunanya anda bisa ikutin dengan perlahan.

4. Alat Ukur Kepekatan Nutrisi

Disini anda bisa menggunakan TDS meter yang dijual banyak sekali di online. Untuk pemula dalam mengemat pengeluaran anda bisa menggunakan takaran sederhana yakni 1 tutup botol akua pekatan A dan B anda campurkan dengan satu liter air itu sudah cukup digunakan sampai panen.

4. Pestisida Nabati

Untuk ukuran pemula yang hasil hidroponik hanya dikonsumsi rumahan saja memang penggunaan pestisida tidak di anjurkan banget. Jika lobang tanam anda dibawah 100 lubang misalkan maka bisa di bersihkan hamanya dengan mandiri patroli setiap pagi kalau ada hama bisa anda hilangkan baik belalang, ataupun ulat daun.

Sedangkan dalam beberapa kasus, banyak pelaku hidroponik menggunakan racikan bumbu dapur, seperti bawang putih, campuran tembakau yang di endapkan dan disemprotkan ke daun tanaman. Akan tetapi memang tidak seampuh menggunakan pestisida nabati.

Demikian tadi perlengkapan yang harus anda siapkan untuk memulai hobi hidroponik selain instalasi hidroponik sendiri. Untuk perlengkapan hidroponik dapat anda dapatkan informasinya di youtube atau bisa juga membeli instalasi yang sudah jadi. Pada tiap-tiap kota biasanya sudah ada toko2 atau pehobi hidroponik yang bisa menyediakan instalasi hidroponik secara lengkap.


Load comments

0 Comments