Inilah Tips Hidroponik Modal 30 Ribuan, Bisakah ?

Tips Hidroponik Modal 30 Ribuan, Hobi Tani - Disini kita akan fokus dalam penekanan modal sekecil mungkin dalam memulai bertanam hidroponik. Dimana jika anda ingin membuat instalasi yang bagus misalkan modalnya sangatlah banyak apalagi jika kita berbicara pembuatan greenhouse.

Banyak orang yang mengurunkan niatnya memulai mencoba hidroponik dikarenakan mereka tidak memiliki modal. Ok dibawah ini akan saya coba rinci beberapa tips hidroponik yang sangat minim modal lengkap dengan kalkulasi biayanya sehingga untuk masalah pemenuhan sayuran rumah tangga misalkan di harapkan sudah bisa mandiri tanpa membeli lagi lumyan untuk mengirit pengeluaran bulanan.



Kalkulasi Bertanam Hidroponik Modal Kecil

1. Persiapan awal pembelian benih atau bibit sayuran

Yang pertama anda bisa menyiapkan modal hanya 10 ribu saja, dan sudah bisa membeli banyak jenis benih repack di online jangan banyak banyak dulu karena untuk proses belajar.

Mislakan anda bisa membeli benih pokcoy, kemudian kangkung dan bayam merah atau hijau dengan harganya sekitar 2 sampai dengan 3 ribuan saja per bungkus yang isinya bisa puluhan sampai ratusan.

2. Menyiapkan media untuk semai

Ini wajib karena semua jenis benih membutuhkan proses semai. Lebih jelas akan kami jabarkan proses semai dan perlengkapanya secara detail berikut ini.

Alas semai tanpa modal ( Tisu bekas, kanebo bekas, sekam bakar yang bisa anda cari di sawah, atau tanah kompos ) Caranya adalah siapkan salat satu perlengekapan diatas, kemudian semprot atau percikan dengan tangan sampai lembab setelah itu taburi benih yang anda beli. Simpan di tempat teduh dan tunggu sampai sporut atau pecah benih kemudian kenakan dengan sinar matahari minimal 6 jam dengan terus menjaga kelemababan jang sampai kering atau terlalu basah.

3. Meyiapkan media tanam

Untuk media tanam ini sendiri, anda juga bisa memanfatakan barang bekas. Netpot anda bisa menggunakan bekas aqua gelas yang di isi tanah atau sekam tempat menaruh hasil semaian tadi. Sampai akarnya tembus ke bawah anda bisa pindahkan nanti ke proses akhir penananman sampai dengan panen.

Kemudian jika sudah mulai besar dan akar panjang, siapkan tempat tanamnya disini anda bisa mencari bekas box buah di toko buah biasanya akan di kasi cuma cuma. Jika disuruh bayar anda bisa lagi menggunakan bekas botol aqua yang dibolongin 3 lubang untuk memasukan netpot dari aqua gelas tadi.

Atau bekas cerigen minyak goreng, juga bisa anda gunakan intinya dalam proses menyiapkan media tanam ini sangat mungkin sekali anda siapkan tanpa harus mengeluarkan modal sedikitpun.

4. Modal untuk Pupuk

Sedangkan untuk pupuk sendiri anda harus beli, dimana harganya juga murah. Beli saja, yang 0,5 liter di online anda bisa mendapatknya dengan harga sekitar 15 ribuan saja. Jenis pupuk dalam hidroponik kami rekomendasikan anda menggunakan AB-MIX sayur daun. Ingat ya, sayur daun karena ada juga jenis AB MIX sayur buah jangan sampai salah beli.

5. Pengukuran PPM Air Nutrisi

Yang terakhir adalah dalam hidroponik wajib ada takaran PPMnya seseuai dengan usia tanaman anda. Untuk usia awal setelah pindah tanam bisa dikasikahkan PPM sekitar 600ppm saja. Kemudian akan ditambah nanti sesuai dengan usia tanaman sampai dengan di angka maksimal 1200ppm.

Saat ini alat ukur PPM yang populer digunakan adalah TDS meter. Dimana jika anda membeli harganya lumayan mahal kisaran 40 sampai dengan 50 ribuan. Jika ingin tanpa modal tentu sangat bisa dan sudah teruji sekali anda bisa menggunakan takaran manual yakni 5 mili pekatan A dan B dicampurkan dengan 1 liter air baku.

Kesimpulan:

Dengan modal tidak lebih dari 30 ribu anda sudah bisa memulai berhidroponik sekala rumahan, sangat murah bukan ?


Load comments

0 Comments