Rincian Modal Awal Greenhouse Hidroponik Skala Industri

Rincian Modal Awal Greenhouse Hidroponik Skala Industri, Hobi Tani - Hidroponik selain menjadi hoby bisa juga menjadi usaha sampingan yang menjanjikan. Jika berbicara skala industri maka banyak aspek yang harus menjadi perhitungan penting sampai dengan metode pemasaran yang ideal.

Sekarang kita mencoba kalkulasi berapa kira kira penghabisan jika ingin membuat hidroponik menjadi sebuah usaha, dan apa saja tips dalam meminimalisir resiko terutama dalam gagal panen atau hasil panen yang kurang memuaskan.

Berikut detail rincian model awal hidroponik dalam sekala industri, dimana kita mematok dalam tahap kecil dulu yakni sekitar 1000 lubang tanam saja. Jika ingin di kalkulasi tinggal dikalikan saja nantinya baik dari kebutuhan nutrisi, benih, sampai dengan perlengkapan seperti pompa air, paralon atau guly dan lain lain.

Rincian Modal Awal Greenhouse Hidroponik Skala Industri


Rincian Modal Awal Greenhouse Hidroponik Skala Industri

1. Mempersiapkan lokasi yang ideal

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lokasi yang ideal ini harus menjadi perhatian. Simple saja lokasi yang ideal untuk mendapatkan hasil panen yang baik adalah lokasi yang terkena full dengan sinar matahari samapi dengan sore hari.

Dari sisi luas sendiri bisa kita atur berdasarkan sisitem instalasinya apakah mau yang bertingkat atau mendatar sehingga lokasi dengan ukuran misalkan 6x10 meter sudah bisa menampung 1000 lubang tanam.

2. Membuat Grenhouse

Ini wajib hukumnya jika sudah bermain sekala industri untuk hasil yang memadai. Modal pembuatan greenhouse sendiri jika menggunakan jasa sangatlah mahal sekarang ini harganya sekitar 400 ribu per meter. Jika kita membuat di lahan dengan ukuran 6x10 meter maka sudah memakan biaya 20 juta.

Maka dari itu kita asumsikan saja membuat sendiri, dengan cara menyewa tukang dan kita menyediakan semua perlengkapan yang dibutuhkan.

Apa saja perlengkapan dalam pembuatan greenhouse ini ?

Baja ringan, alasan menggunakan baja ringan supaya awet dan hasilnya rapi, jika mau irit bisa menggunakan bambu

Kemudian anda harus membeli Plastik UV sebagai atapnya

Sedikit semen untuk pondasi tiang, 3 bahan ini sudah cukup dalam pembuatan greenhouse sederhana.

3. Menentukan sistem hidroponik

Di tahap ke tiga ini, kami sarankan anda menggunakan sistem NFT atau DFT tidak disarankan sekali menggunakan sisitem Wick. Atau anda juga bisa mencoba menggunakan rakit apung intinya dalam skala industri kalau ingin panen maksimal maka airnya harus mengalir dan mudah dalam perawatan termasuk menambah air nutrisi.

Sederhana ya dalam langkah ke tiga ini.

4. Perlengkapan Instalasi

Dalam tahapan ke empat ini, membutuhkan banyak modal juga. Anda bisa menggunakan paralon yang kurang 2,5 inc atau 3 inc yang warna putih.

Asumsi sederhana jika 1 paralon bisa membuat 20 lubang tanam dengan panjang 4 meter dengan rincian jarak lubang tanam 20cm maka anda membutuhkan kurang lebih 50 paralon untuk mendapatkan 1000 lubang tanam. Harga 1 paralon misalkan rata-rata 40 ribu maka sudah habis modal sekitar 2 juta untuk paralon saja.

Kemudian anda harus membeli tutup paralonya, kemudian L, keni sampai dengan lem. Ini sudah final dari masalah paralon saja. Jika anda ingin simple bisa menggunakan gully hidroponik tapi harganya sangat mahal.

5. Perlengkapan tambahan lain lain

Jika di rinci dengan sangat runut memang tidak lah susah membuat greenhouse sendiri. Dalam perlengkapan lain lain ini anda membutuhkan beberapa jenis perkakas dan perlatan hidroponik kami ringkas dalam beberapa point berikut:

Bor dan hole saw ( ini perlengkapan untuk membuat bolongan di pipa paralon, jika anda membeli di online dengan bajed sekitar 250 ribu saja sudah mendapatkan satu paket lengkap)

Kemudian selang yang digunakan mengalirikan air nutrisi berwarna hitam ( selang PE )

Netpot sekitar 1000 buah harga perbuah sekitar 500 rupiah

Pupuk AB-MIX sayur buah sesuai dengan kebutuhan, saran saja beli yang 5kg langsung lebih irit

Rockwol bisa anda beli langsung 1 slab

Kemudian benih sesuai dengan keinginan mau menanam apa

Biaya untuk menggulangi hama anda bisa membuat atau membeli yelow trap, nem oil ( pestisida nabati )

Nampan semai dari pelasik atau pipa yang anda belah menjadi dua sesuaikan dengan keinginan

TDS meter untuk menguruk kepekatan nutrisi

Dari rincian diatas, sekarang anda sudah bisa menyiapkan dan memperkirakan habis berapa dana untuk membangun greenhouse sekala industri dengan rincian 1000 lubang tanam. Jika di ringkas kurang lebih habis 10 juta sudah lengkap semuanya.

Demikian adalah informasi tentang Rincian Modal Awal Greenhouse Hidroponik Skala Industri. Semoga bermanfaat

Load comments

0 Comments